Angin Puting Beliung Hancurkan Belasan Rumah di Ciamis

GaluhFM (CIAMIS), dilansir dari radartasikmalaya.com – Angin kencang yang menerjang Kabupaten Ciamis mengakibatkan belasan rumah rusak di lima kecamatan, Selasa (19/1).

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, melainkan hanya menumbangkan pohon dan menimpa rumah-rumah milik warga. Lima kecamatan yang terkena dampk angin kencang yakni Sukamantri, Panawangan, Sindangkasih, Rancah dan Tambaksari.

Hal itu diungkapkan Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada Radar, kemarin. Kata dia, memang angin kencang ini tidak disertai hujan, bahkan cuaca cenderung cerah. Tapi, dampaknya cukup dirasakan masyarakat, apalagi yang di sekitar rumahnya terdapat pohon. Pohon-pohon tersebut tidak mampu menahan kencangnya angin, sehingga tumbang dan menimpa rumah milik warga.

Upaya yang dilakukan, kata dia, melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah secara gotong royong bersama masyarakat.

Menyikapi cuaca seperti ini, kata dia, Tagana mengimbau masyarakat yang dekat rumahnya terdapt pohon untuk segera ditebang, apabila kondisinya sudah mulai rapuh dan rawan tumbang. Hal itu dilakukan untuk antisipasi jika cuaca atau angin kencang ini kembali terjadi.

Data yang masuk, kata dia, sampai siang hari Tagana menerima laporan rumah rusak akibat angin kencang sebanyak 11 unit di beberapa kecamatan. Pihaknya terus menyisir apabila masih ada rumah yang terkena dampak, tapi belum sempat dilaporkan.

Selengkapnya di radartasikmalaya.com

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *