Banjir Luapan Anak Sungai Citanduy Diduga Akibat Tanggul Jebol

GaluhFM (INDIHIANG), dilansir dari AYOTASIK.COM – – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mencatat, setidaknya ada 15 daerah di Kecamatan Indihiang dan Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, terendam banjir yang terjadi pada Sabtu (27/3/2021) malam.

Kasi Penanggulangan Bencana BPBD Kota Tasikmalaya Erik Yowanda mengatakan, banjir yang merendam ratusan rumah di dua kecamatan tersebut akibat dari luapan anak Sungai Citanduy.

“Luapan air anak Sungai Citanduy ini diduga lantaran kondisi air di Sungai Citanduy yang penuh sehingga anak sungai tidak bisa menampungnya. Luapan air tersebut diduga adanya tanggul yang jebol,” ujar Erik, Minggu (28/3/2021).

Menurutnya, aliran air yang deras juga menyebabkan dinding rumah salah seorang warga ambrol tergerus air. Banjir juga merendam area pesawahan di dua kecamatan tersebut.

“Jadi, bukan rumah hanyut, itu hanya dinding dapurnya yang roboh karena berada di bibir sungai. Bahkan ada sepeda motor dan kulkas juga terbawa banjir hingga ke pesawahan,” ucapnya.

Ia menuturkan, banjir yang merendam ratusan rumah warga sudah surut. Warga diminta tetap waspada karena curah hujan masih cukup tinggi. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa hanya kerugian materi saja,” pungkasnya.

Selengkapnya di www.ayotasik.com


Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *