Pedagang Tahu Tempe Sulit Naikan Harga Meski Sudah Mogok Jualan

GaluhFM (MANGKUBUMI), dilansir dari AYOTASIK.COM — Harga kedelai di pasaran hingga saat ini masih bertengger dikisaran Rp11 ribu per kilogram. Aksi mogok produksi dan jualan yang dilakukan selama 2 hari pekan lalu tak membuat harga kedelai kembali turun.

Salah seorang perajin tempe di Kota Tasikmalaya, Opik (35) mengatakan, harga kedelai saat ini belum juga turun. Kendati demikian kedelai di pasaran masih terbilang masih banyak sehingga tidak ada kekurangan stok. “Kedelai mah banyak tapi harganya gak turun-turun,” ujar Opik, Rabu, 2 Juni 2021.

Ia menuturkan, kenaikan harga kedelai sudah berlangsung cukup lama lebih dari 6 bulan. Kenaikan harga terjadi secara bertahap dari semula harga Rp6.700 hingga Rp11 ribu.

Menurutnya baru kali ini harga kedelai naik hingga Rp4 ribu per kilogram. “Memang sudah biasa ada kenaikan harga kedelai, tapi paling tunggi hanya sampai Rp2 ribu per kilogram dan itu biasanya gak berlangsung lama,” ucapnya.

Ia menyebut, aksi mogok produksi dan jualan pekan kemarin cenderung gagal karena masih banyak pedagang yang tidak berani menaikan harga jual. “Kita susah menaikan harga jual karena memang belum kompak,” kata dia.

Selengkapnya di www.ayotasik.com

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *