Soal Haji 2021, RI Tunggu Kepastian dari Arab Saudi

GaluhFM (JAKARTA), dilansir dari AYOTASIK.COM — Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, pihaknya masih menunggu kepastian dari Otoritas Arab Saudi terkait keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci pada tahun 2021 ini. “Karena semua menjadi otoritas Pemerintah Arab Saudi,” ujarnya, Ahad, 16 Mei 2021. 

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sebelumnya menegaskan bertekad untuk menyelenggarakan haji pada tahun ini. Berbeda dengan tahun lalu di mana haji hanya bisa dinikmati oleh seribu jamaah dari Saudi dan ekspatriat yang bekerja di sana, tahun ini pihak Saudi akan membuka haji bagi jamaah luar negeri.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid meluruskan sejumlah isu menyesatkan terkait haji 2021. Zainut menjelaskan ada tiga isu liar yang tersebar di masyarakat terkait ibadah haji tahun ini. Pertama, isu yang mengaitkan keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci terkendala karena belum tersertifikasinya vaksin Covid-19 produksi Sinovac di WHO. “Ini tidak benar,” kata dia. Isu lainnya yakni Indonesia dilarang  memberangkatkan haji karena tunggakan akomodasi di Makkah. Isu tersebut pun dijelaskannya bohong. Ada juga isu yang mengaitkan karena adanya status hukum seseorang. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini menegaskan, semua isu itu tidak benar.

Menurut Zainut, belum adanya kepastian terkait keberangkatan jamaah haji 2021 karena situasi pandemi Covid-19 yang belum melandai baik itu di Arab Saudi maupun di dunia. Dia mengingatkan terkait kasus gelombang kedua Covid-19 di India yang hingga kini masih mengkhawatirkan. “Jadi, memang dalam kondisi pandemi yang tidak bisa kita hindari. Jangan kemudian ada isu-isu yang itu justru membingungkan masyarakat bahkan bisa menimbulkan hal-hal yang tidak baik,” ujar Zainut.

Selengkapnya di www.ayotasik.com

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *