Wisata Rintisan Pasir Datar Dibangun di Kaki Gunung Galunggung

GaluhFM (SUKARATU), dilansir dari AYOTASIK.COM — Di tengah masa pandemi Covid-19, wisata alam menjadi salah destinasi wisata yang cukup banyak digandrungi oleh masyarakat. Suasana alam yang sejuk menjadi alasan sebagian orang untuk menikmati keindahan alam dan melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan.

Kesempatan itulah yang dilirik oleh warga Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. Bersama Perhutani Tasikmalaya, warga membuka rintisan wisata alam berupa camping ground dan agrowisata di kawasan kaki Gunung Galunggung, bernama Pasir Datar yang dikelola secara bersama.

Manajer Bisnis Perhutani Tasikmalaya, Yaya Sutia mengatakan, kawasan Pasir Datar yang terletak di Desa Sinagar ini merupakan kawasan perhutani yang dikelola oleh lembaga masyarakat desa hutan (LMDH).

“Kami bersama-sama mengelola wisata rintisan Camping Ground Pasir Datar, Desa Sinagar,Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya berkolaborasi dan sinergitas dengan masyarakat,” ujar Yaya, Kamis (5/2/2021).

Menurutnya, di kawasan Pasir Datar ini menyuguhkan pemandangan puncak Gunung Galunggung dengan udara pegunungan yang sejuk. Ada juga Curug Cikaripan. “Untuk tahap awal kami akan bangun akses jalan ke sini. Meski bisa dilintasi kendaraan roda 2 dan 4, tapi masih perlu dibenahi. Akses masuk bisa melewati jalan Desa Sinagar,” ucapnya.

Ia menuturkan, sejauh ini fasilitas yang sudah dibangun adalah area camping ground seluas lebih kurang 2 hektar, musala dan toilet. “Wisata rintasan ini akan terus dikembangkan dengan wisata perkebunan seperti kebun kopi dan buah-buahan,” tuturnya.

Selengkapnya di ayotasik.com


Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *