Sepekan Ini, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Jawa Barat

GaluhFM (MAJALENGKA), dilansir dari AYOTASIK.COM — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, curah hujan berintensitas lebat berpotensi melanda Jawa Barat pada 15-21 Februari 2021.

Hujan lebat dimungkinkan disertai kilat/petir dan angin kencang. Kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem pun harus terus ditingkatkan.

Selain Jabar, potensi cuaca ekstrem dapat terjadi pula di provinsi lain se-Indonesia, masing-masing Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakart, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyebut, pihaknya mencatat 96% dari 342 Zona Musim di Indonesia kini telah memasuki musim hujan. Hal ini telah diprediksi sejak Oktober 2020, terkait puncak musim hujan yang akan terjadi pada Januari-Februari 2021 di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

“Berdasarkan kondisi tersebut, maka kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem harus terus ditingkatkan,” katanya dikutip dari Ayocirebon.com, Selasa (16/2/2021).

Selengkapnya di www.ayotasik.com


Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *